Langsung ke konten utama

SEJARAH DESA

Pancasila Sebagai Benteng Idiologi Bangsa; Refleksi Hari Kesaktian Pancasila

  Pancasila Sebagai Benteng Ideologi Bangsa: Refleksi Hari Kesaktian Pancasila Pendahuluan Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat ribuan pulau, berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa. Di tengah keberagaman tersebut, Indonesia membutuhkan sesuatu yang bisa menjadi pengikat dan panduan bagi semua lapisan masyarakat agar tetap bersatu dan hidup harmonis. Pancasila adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Sebagai dasar negara, Pancasila berfungsi tidak hanya sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga sebagai benteng ideologi yang melindungi bangsa Indonesia dari pengaruh ideologi-ideologi yang bertentangan dengan karakter dan kepribadian bangsa. Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen penting untuk mengenang peran krusial Pancasila dalam mempertahankan keutuhan negara di tengah berbagai ancaman, terutama ancaman ideologi asing. Refleksi dari Hari Kesak

POPULASI PENDUDUK

 

POULASI PENDUDUK



 

A. Pengertian

        Pengertian populasi penduduk adalah sekumpulan orang atau individu yang menempati suatu wilayah tertentu, sedangkan pengertian penduduk merupakan sekelompok orang yang berdomisili dan menetap di suatu wilayah tertentu  yang terikat dengan aturan, adat istiadat maupun tata pemerintahan. Populasi penduduk erat kaitannya dengan kemajuan suatu wilayah, semakin maju wilayah tersebut akan di iringi dengan pertambahan populasi penduduk juga akan meningkatkan daya saing di beberapan bidang, baik dari segi sumber daya manusia, lapangan pekerjaan, serta semakin tingi tingkat penggangguran. Peningkatan populasi penduduk juga tidak terlepas dari berbagai masalah terutama di sektor perekonomian, di samping pengangguran juga tingakat kriminalitas semakin tinggi. Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dapat menimbulkan lonjakan populasi penduduk di suatu wilayah, hal itu tidak terjadi begitu saja tetapi ada pemicu yang menjadikan sebagai faktor utama. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi populasi penduduk sangat banyak, menjadi siklus antar wilayah yang maju akan di topang deri wilayah terdekat sebagai penyangga perekonomian.  Kepadatan populasi penduduk dapat di hitung dengan jumlahpopulasipenduduk di bagi dengan luas wilayah yang di tempati.

B. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Populasi Penduduk 

    1. Kelahiran ( Natalis )

    Populasi penduduk tidak terlepas dengan adanya faktor kelairan di suatu wiyalah, semakin tinggi        angka kelahiran akan berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk suatu wilayah. Hal ini yang mengakibatkan populasi penduduk di suatu wilayah akan meningkat. Perlu adanya suatu langkah pencegahan agar populasi penduduk stabil di antaranya, pembatasan usia perkawinan sesuai dengan undang- undang perkawinan, pelaksanaan program keluarga berencana ( KB ), menghilangkan adanya mitos banyak anak banyak rejeki, dan sebagainya

    2. Migarsi Penduduk

    Perpindahan penduduk baik yang datang maupun yang pergi juga sangat mempengaruhi populasi penduduk di suatu wilayah.  Migrasi terjadi akibat faktor ekonomi, sosial, ataupun karena bencana alam hal itu tidak terlepas dari adanya peluang usaha yang lebih baik untuk meningkatkan pendapatan mansyarakat . Populasi penduduk yang tinggi biasanya terjadi di perkotaan dengan segala pasilitas yang memadai, sarana pendidikan , kesehatan, serta pusat perekonomian yang mendukung.

    3. Lapangan Pekerjaan

    Lapangan pekerjaan yang tersedia di suatu wilayah dapat memicu terjadinya urbanisasi penduduk dari desa ke kota. Ketersedian sarana dan prasarana yang cukup menimbulkan keinginan orang untuk datang di suatu wilayah dengan tujuan dapat meningkatkan pendapatan untuk memenuhi keperluan keluarga. Peningkatan pendapatan penduduk akan merubah status sosial yang lebih baik.

    4. Kawasan

    Dalam artikel ini yang di maksud adalah kawasan indutri maupun kawasan pemukiman, kawasan industri dapat mempengaruhi terjadinya lonjakan pertumbuhan penduduk,kawasan industri selalu menawarkan lapangan pekerjaan, hal ini dapat mendorong orang untuk datang mencari jenis pekerjaan demikian pula kawasan pemukiman baru juga dapat memicu kepadatan penduduk sehingga populasi penduduk semakin padat.

C. Dampak Populasi Penduduk

Populasi yang tidak terkendali dapat mengakibatkan permasalahan di suatu wilayah . Dampak dari populasi penduduk di antaranya sebagai berikut:

    1. Pengangguran sangat tinggi

    2. Kemiskinan relatih tinggi 

    3. Gngguan Keamanan

    4. Tergangguanya Ekosistim Lingkungan

D. Cara Merngatasi Populasi Penduduk

    1. Melaksanakan program keluarga berencana ( KB )

    2. Mencipkan lapangan kerja baru

    3. Pencegahan terjadinya rbanisasi penduduk

    4. Mengurai kepadatan penduduk 

    5. Ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai

    6. Melaksanakan program transmigrasi

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan  bagi kita sekalian.



Komentar

Sejarah Desa