Langsung ke konten utama

SEJARAH DESA

Pancasila Sebagai Benteng Idiologi Bangsa; Refleksi Hari Kesaktian Pancasila

  Pancasila Sebagai Benteng Ideologi Bangsa: Refleksi Hari Kesaktian Pancasila Pendahuluan Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat ribuan pulau, berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa. Di tengah keberagaman tersebut, Indonesia membutuhkan sesuatu yang bisa menjadi pengikat dan panduan bagi semua lapisan masyarakat agar tetap bersatu dan hidup harmonis. Pancasila adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Sebagai dasar negara, Pancasila berfungsi tidak hanya sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga sebagai benteng ideologi yang melindungi bangsa Indonesia dari pengaruh ideologi-ideologi yang bertentangan dengan karakter dan kepribadian bangsa. Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen penting untuk mengenang peran krusial Pancasila dalam mempertahankan keutuhan negara di tengah berbagai ancaman, terutama ancaman ideologi asing. Refleksi dari Hari Kesak

PROFIL DESA SRIWIDADI

 PROFIL DESA SRIWIDADI



a. Kondisi Geografis

        Sriwidadi merupakan sebuah desa yang terletak di wilayah kecamatan mantangai kabupaten kapuas provinsi kalimantan tengah. Desa sriwidadi merupakan wilayah yang memiliki tipe bentang alam dataran rendah berada pada ketinggian kurang lebih 50 meter di atas permukaan air laut ( mdpal ), memiliki iklim hujan tropis yang berada pada garis antara 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan, sehingga mengalami dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, dengan curah hujan antara 2.000 milimeter sampai 4.000 milimeter per tahun dan kelembaban antara 70% sampai 90% serta dengan suhu antara 20 derajat celcius sampai 30 derajat celcius.

b. Kondisi Topografi

        Topografi desa sriwidadi terletak pada titik koordinat longitude -2',35',35' dan latitude 114',35',35' berada di sebelah selatan ibukota kecamatan mantangai dan berada di sebelah utara ibukota kabupaten kapuas, merupakan dataran rendah, sehingga sangat rawan terhadap bencana banjir pada saat musim penghujan.

c. Statistik Penduduk

Jumlah Penduduk                                            : 584 Jiwa

Jumlah Penduduk Laki-Laki                           : 295 Jiwa

Jumlah Penduduk Perempuan                         : 289 Jiwa

Jumlah Kepala Keluarga                                 : 185 KK

Jumlah Kepala Keluarga Laki-Laki                : 158 KK

Jumlah Kepala Keluarga Perempuan              :  27 KK

d. Batas Wilayah

            Desa sriwidadi memiliki luas wilayah 11.650 KM2 dengan kepadatan penduduk 49,6 Jiwa/ KM2 dan pertumbuhan penduduk sebesar  0,87 5, berbatasan dengan:

Sebelah Utara Dengan                                    : Desa Sidomulyo

Sebelah Timur Dengan                                   : Desa Sumber Makmur

Sebelah Selatan Dengan                                 : Desa Warga Mulya

Sebelah Barat Dengan                                    : Desa Kaladan Jaya

e. Pembentukan Desa Sriwidadi

            Desa sriwidadi memiliki sejarah panjang dalam pembentukanya, awal mula desa sriwidadi merupakan sebuah desa pada unit pemukiman transmigrasi (UPT ) Lamunti II B-3 pada penempatan tahun 1998 dalam program lahan gambut ( PLG ) sejuta hektar. Nama sriwidadi di resmikan oleh kepala dinas transmigrasi kabupaten kapuas Bapak Saenan bertepatan dengan hari bhakti transmigrasi yaitu pada tanggal 12 desember 1998, namun sebelumnya terlebih dahulu dilaksanakan musyawarah desa pada tanggal 27 juli 1998 dengan agenda menentukan nama desa dan telah disepakati bahwa sriwidadi digunakan sebagai nama desa. Namun karena perkembangan pembangunan dan pertumbuhan penduduk untuk pelayan masyarakat, maka dibentuklah menjadi desa sriwidadi yang definitif pada tanggal 5 juli 2012 berdasarkan perda kapuas nomor 6 tahun 2012 tentang pembentukan 61 desa di 12 kecamatan kabupaten kapuas .

f. Mata Pencaharian Penduduk

            Mata pencaharian masyarakat desa sriwidadi sebagian besar bekerja pada sektor perkebunan, pertanian, peternakan, dengan persentase 65% bekerja sebagai karyawan perkebunan kelapa sawit PT Globalindo Agung Lestari, 5% pada sektor peternakan baik ternak besar maupun kecil, 5% pada sektor pertanian tanaman holtikultura 15% pada sektor kebun karet dan sawit milik masyarakat dan 10% bekerja serabutan dan jenis lainya.

g. Sosial Dan Budaya

            Masyarakat desa sriwidadi sangat majemuk terdiri dari berbagai suku dan agama, memiliki sikap toleransi sangat baik sehingga dapat hidup rukun dan damai, mudah beradaptasi dengan keadaan sosial budaya yang beragam. Penduduk desa sriwidadi terdapat beragam suku dan agama di antaranya Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Bali, Suku Batak, Suku Bugis dan Alor. Mayoritas Penduduk desa sriwidadi beragama islam ada juga yang beragama kristen dan hindu. Dari keragaman tersebut diatas berkembanglah berbagai seni dan budaya dari berbagai suku tersebut.

h. Sarana Dan Prasarana

            Setelah desa sriwidadi menjadi desa yang definitif, dan mendapatkan dana desa secara bertahap mulai melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana jalan, jembatan, perkantoran hingga ke sarana pendidikan TK dan Paud, serta pasar desa. Dari pemerintah pusat juga telah membangun sarana pendidikan tempat ibadah dan lainya.

i. Website Resmi Desa Sriwidadi

            Status IDM desa sriwidadi pada saat ini adalah berkembang, oleh sebab itu pemerintah desa sriwidadi mulai berbenah dan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dan transparansi dalam penggunaan anggaran melalui media publikasi baik yang berupa berner  maupun melalui aplikasi Website desa. Desa sriwidadi mengalami kemajuan cukup pesat di berbagai bidang, baik secara ekonomi, sosial budaya hingga ke sistem pemerintahan desa. Perkembangan tersebut semakin nyata dengan hadirnya Website desa sriwidadi yang sudah online hingga dapat diakses oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi transparansi pemerintahan desa serta dalam rangka pelayanan publik secara online. Masyarakat desa sriwidadi dapat mengunjungi Website desa sriwidadi di 

https://sriwidadi.simsa.id atau https://sriwidadi.simsa.id/siteman




Komentar

Sejarah Desa