Langsung ke konten utama

SEJARAH DESA

Pancasila Sebagai Benteng Idiologi Bangsa; Refleksi Hari Kesaktian Pancasila

  Pancasila Sebagai Benteng Ideologi Bangsa: Refleksi Hari Kesaktian Pancasila Pendahuluan Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat ribuan pulau, berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa. Di tengah keberagaman tersebut, Indonesia membutuhkan sesuatu yang bisa menjadi pengikat dan panduan bagi semua lapisan masyarakat agar tetap bersatu dan hidup harmonis. Pancasila adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Sebagai dasar negara, Pancasila berfungsi tidak hanya sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga sebagai benteng ideologi yang melindungi bangsa Indonesia dari pengaruh ideologi-ideologi yang bertentangan dengan karakter dan kepribadian bangsa. Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen penting untuk mengenang peran krusial Pancasila dalam mempertahankan keutuhan negara di tengah berbagai ancaman, terutama ancaman ideologi asing. Refleksi dari Hari Kesak

Rapat Koordinasi Evaluasi Coklit PPK, PPS Serta Pantarlih Se-Kecamatan Mantangai Pada Pilkada Tahun 2024

 Rapat Koordinasi Evaluasi Coklit  PPK, PPS Serta Pantarlih Se-Kecamatan Mantangai Pada Pilkada Tahun 2024


Sriwidadi.simsa.id ; Rapat koordinasi evaluasi coklit PPK, PPS Dan Pantarlih se-kecamatan mantangai pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Bupati Dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024 yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan mantangai di buka secara resmi oleh ketua PPK kecamatan mantangai bapak Juliadi, S.Pd. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Panwascam kecamatan mantangai, Tripika kecamatan Mantangai serta Komisioner KPU Kabupaten Kapuas Bapak Feri Irawan beserta tim, Anggota PPK dan PPS serta Petugas Pantarlih. Kegiatan koordinasi evaluasi tersebut merujuk pada surat KPU RI nomor : 799 Tahun 2024 , tanggal 21 Juni 2024 , perihal Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, Rabu ( 10/7/2024 )

Kegiatan evaluasi coklit merupakan tahapan yang harus dilaksanakan dalam pilkada serentak tahun 2024 untuk mengetahui progress pelaksanaan pencoklitan oleh petugas pantarlih, beserta kendalanya dalam melakukan sinkronisasi data coklit. Pada kesempatan tersebut baik dari Tripika maupun Panwascam Kecamatan Mantangai menyampaikan pentingnya integritas para penyelenggara Pemilu pilkada untuk dapat bersikap netral terhadap pasangan calon dalam pilkada tahun 2024 dan saling berkoordinasi sesama penyelenggara serta dapat menjaga situasi yang kondusif.


Sementara Ketua PPK Kecamatan mantangai Bapak Juliandi, S.Pd memberikan arahan terkait progress pencoklitan dan penegasan kembali sikap netral PPS sebagai penyelenggara pemilu pada pilkada tahun 2024 serta memberikan arahan terhadap kendala yang dialami petugas Pantarlih, terutama pada beberapa Kode pemilih baik yang pemilih Pindah, Ubaha data, Maupun Pemilih TMS yang harus disertai dokumen pendukung.


Pada kesempatan Rakor evaluasi coklit tersebut Komisioner KPU Kabupaten Kapuas Bapak Feri Irawan memberikan arahan terkait Progres coklit dan kendala serta permasalahan yang di alami oleh Petugas Pantarlih. Dalam kegiatan tersebut juga diadakan sesi Tanya jawab untuk menjawab semua kendala dan permasalahan terhadap data pemilih pada DP4, Pemilih Pindah Domisili, TMS maupun pemilih baru. Pada kesempatan tersebut Komisioner KPU Bapak Feri Irawan menegaskan agar dalam pelaksanaan pencoklitan dapat terselesaiakan sesuai jadwal dan sebagai bahan rapat pleno baik ditingkat PPS maupun di tingkat selanjutnya.

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi evaluasi coklit tersebut PPS dan Pantarlih Desa Sriwidadi semuanya dapat hadir untuk mengikuti kegiatan tesebut secara seksama sebagai bahan evaluasi kinerja baik bagi PPS maupun Petugas Pantarlih agar dapat menyelesaikan semua tahapan dengan baik. Dari semua paparan yang telah disampaikan dalam kegiatan tesebut diharapkan membawa dampak positif dalam peningkatan kinerja PPS dan Petugas Pantarlih sebagai penyelenggara Pemilu Pada pilkada serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan baik.

Adapun progress hasil pencoklitan oleh Petugas Pantarlih Desa Sriwidadi pada minggu ketiga ini telah mencapai 93 % , dan diharapkan pada minggu ke empat dapat terselasaikan semua, sebagai bahan untuk pelaksanaan Rapat pleno terbuka di tingkat PPS. Kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Coklit PPK, PPS Dan Pantarlih se-Kecamatan Mantangai di tutup dengan sesi Photo bersama.

Komentar

Sejarah Desa