Langsung ke konten utama

SEJARAH DESA

Pancasila Sebagai Benteng Idiologi Bangsa; Refleksi Hari Kesaktian Pancasila

  Pancasila Sebagai Benteng Ideologi Bangsa: Refleksi Hari Kesaktian Pancasila Pendahuluan Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat ribuan pulau, berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa. Di tengah keberagaman tersebut, Indonesia membutuhkan sesuatu yang bisa menjadi pengikat dan panduan bagi semua lapisan masyarakat agar tetap bersatu dan hidup harmonis. Pancasila adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Sebagai dasar negara, Pancasila berfungsi tidak hanya sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga sebagai benteng ideologi yang melindungi bangsa Indonesia dari pengaruh ideologi-ideologi yang bertentangan dengan karakter dan kepribadian bangsa. Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen penting untuk mengenang peran krusial Pancasila dalam mempertahankan keutuhan negara di tengah berbagai ancaman, terutama ancaman ideologi asing. Refleksi dari Hari Kesak

Sentra Pasar Cibaduyut

Sentra Pasar Cibaduyut

Cibaduyut merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Bojongloa Kidul, Kabupaten Kota Kandung Provinsi Jawa Barat. Cibaduyut merupakan sebuah kawasan industry kecil yang dikenal sebagai pusat pengrajin sepatu kulit di Indonesia. Dikelurahan cibaduyut ini terdapat ratusan pengrajin sepatu baik yang bersifat mandiri maupun yang tergabung dalan sebuah badan uasaha yaitu Koperasi, Nama cibaduyut berasal dari kata Ci yang memiliki arti cai dalam bahasa sunda yang berarti air sedangkan baduyut atau areuy baduyut merupakan sejenis tumbuhan air yang merambat.

Baca juga artikel: Selayang Pandang Kabupaten Kapuas

Pasar Cibaduyut merupakan pusat perbelanjaan ikonik di kota bandung yang cukup ramai dan terkenal akan produk pakaian, serta aksesoris seperti sepatu, tas dan jaket. Pasar Cibaduyut terkenal sebagai sentra industry sepatu di kota bandung, khususnya sepatu dari kulit serta sebagai salah satu kawasan destinasi wisata belanja di kota bandung

Baca juga artikel : Sejarah DesaDesa

Sejarah pusat sepatu cibaduyut dimulai pada tahun 1970-an ketika banyak warga setempat beralih profesi menjadi pengrajin sepatu setelah industry tekstil mengalami kemunduran. Seiring waktu berjalan desa cibaduyut terus berkembang mejadi sebuah kelurahan di kecamatan bojongloa Kidul dan menjadi pusat industry sepatu terbesar di Indonesia.

Baca juga artikel : Pengertian dan Fungsi Pasar Desa

Di kelurahan cibaduyut terdapat banyak tempat wisata, selain sebagai sentra industry sepatu cibaduyut juga terdapat wisata kuliner , museum sri baduga, waterboom dan lain-lainnya. Pasar cibaduyut berada di lokasi yang sangat strategis berdekatan dengan terminal Leuwipanjang sehingga menjadi persinggahaan bagi para wisatawan, pelancong termasuk para rombongan Bimtek maupun Studi tiru yang dilaksanakan di kata bandung maupun di jakarta .

Baca juga artikel : SIMSA

Sepanjang jalan raya cibaduyut kearah bandung lebih didominasi oleh penjual sepatu dan sandal yang berbahan baku terutama dari kulit dengan harga sangat terjangkau dan murah. Hasil produksi sepatu cibaduyut cukup dikenal seantreo nusantara. Sampai saat ini kerajinan kulit cibaduyut masih menjadi primadona khususnya pada produk sepatu dan tas. Tak heran kalau Bapak Joko Widodo pernah berkunjung ke sentra pasar cibaduyut tersebut.

Baca juga : Enam Pilar Menuju Desa Cerdas

Pasar cibaduyut tidak hanya menyajikan produk sepatu, pakaian maupun jaket namun banyak lagi produk unggulan Kelurahan Cibaduyut yang menjadi cendera mata maupun oleh-oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara yaitu makanan khas Cibaduyut dan wisata kuliner.

Baca juga artikel: Perpustakaan Digital Desa

Menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berkunjung ke sentra pasar cibaduyut, membuat daerah ini sangat terkenal, sebagai daerah penghasil sentra sepatu dan kerajinan dari kulit, Cibaduyut menjadi pilihan yang sangat cocok untuk para pecinta fashion.

Baca juga artikel: Indeks Desa Membangun Tahun 2024

Seperti halnya dengan para peserta kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation ( Siks-NG ), juga meluangkan waktu sejenak untuk singgah di Sentra Pasar Cibaduyut untuk belanja oleh-oleh atau cindera mata dalam perjalanan menuju Kota Bandung atau sebaliknya setelah selasai kegitan Bimtek tersebut.

Baca juga artikel: Legenda Cinde Laras

Keberadaan sentra pasar cibaduyut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat usaha, guna meningkatkan pendapatan keluarga. Keberadaan pasar cibaduyut merupakan berkah bagi masyrakat sekitar untuk memasarkan produk hasil kerajinan yang berasal dari kulit maupun produk makanan ringan dan kulinernya sebagai oleh-oleh atau cindera mata para wisatawan dari wilayah sekitar bandung maupun wisatawan yang berasal dari luar kota Bandung.

Komentar

Sejarah Desa