Langsung ke konten utama

SEJARAH DESA

Pancasila Sebagai Benteng Idiologi Bangsa; Refleksi Hari Kesaktian Pancasila

  Pancasila Sebagai Benteng Ideologi Bangsa: Refleksi Hari Kesaktian Pancasila Pendahuluan Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat ribuan pulau, berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa. Di tengah keberagaman tersebut, Indonesia membutuhkan sesuatu yang bisa menjadi pengikat dan panduan bagi semua lapisan masyarakat agar tetap bersatu dan hidup harmonis. Pancasila adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Sebagai dasar negara, Pancasila berfungsi tidak hanya sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga sebagai benteng ideologi yang melindungi bangsa Indonesia dari pengaruh ideologi-ideologi yang bertentangan dengan karakter dan kepribadian bangsa. Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen penting untuk mengenang peran krusial Pancasila dalam mempertahankan keutuhan negara di tengah berbagai ancaman, terutama ancaman ideologi asing. Refleksi dari Hari Kesak

Pleno terbuka Rekapitulasi DPHP Tingkat PPS Sriwidadi Pada Pilkada Tahun 2024

  Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP PPS Sriwidadi Pada Pilkada Tahun 2024

Sriwidadi.simsa.id ; Pelaksanaan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan ( DPHP ) Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Desa Sriwidadi , Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Bupati Dan Wakil Bupati Kapuas, bertempat di Sekretariat PPS Desa Sriwidadi yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB. Rapat ini bertujuan untuk merekapitulasi hasil Penelitian Dan Pencocokan ( Coklit ) data pemilih yang telah dilakukan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih ( Pantarlih ). Rapat tersebut di hadiri oleh berbagai pihak terkait, antara lain Panitia Pengawas Desa ( PKD ) Desa Sriwidadi, Badan Permusyawaratan Desa Sriwidadi, Pemerintah Desa Sriwidadi, Para Ketua RT, Tokoh masyarakat dan perwakilan dari Partai Politik, Jum’at ( 2/8/2024 )

Rapat Pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran pada proses Coklit tersebut di buka secara resmi oleh Ketua PPS Desa Sriwidadi Ibu Eka Normawati , Beliau juga merupakan PLH Kepala Desa Sriwidadi. Dalam sambutannya, Ketua PPS Desa Sriwidadi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam proses pencoklitan. Beliau juga menegaskan pentingnya kegiatan ini dalam rangka memastikan data pemilih yang akurat dan valid untuk pelaksanaan pilkada tahun 2024.

Ibu Eka Normawati selaku PLH desa Sriwidadi dalam sambutannya menyampaikan, “ Rapat pleno terbuka ini merupakan bagian dari transparansi dan akuntabilitas proses pemuktahiran data pemilih. Kami berharap kepada semua pihak dapat berperan aktif dalam memastikan proses ini berjalan dengan baik dan lancar “, Setelah memberikan sambutannya Ketua PPS Desa Sriwidadi yang juga PLH Desa Sriwidadi memaparkan maksud dan tujuan dilaksanakannya rapat pleno terbuka tersebut serta menjelaskan tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan selama masa proses pencoklitan hingga proses verifikasi serta sampai pada rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran. Ketua PPS Desa Sriwidadi juga menekankan bahwa hasil coklit ini sangat penting untuk menentukan daftar pemilih yang valid, sehingga setiap warga yang berhak dapat menyalurkan hak pilihnya pada pilkada mendatang.

Pada kesempatan tersebut dari pihak Pantarlih juga menyampaikan paparan hasil kegiatan coklit yang telah dilakukan . Dalam presentasinya, Pantarlih menjelaskan metode yang digunakan dalam pencoklitan data pemilih yang bersumber dari DP4, serta tantangan yang dihadapi selama proses pencoklitan. Mereka juga menguraikan data pemilih yang tidak memenuhi syarat, perbaikan data pemilih , dan pemilih baru. Dalam paparannya Pantarlih menyampaikan “ Proses coklit ini telah kami laksanakan dengan penuh tanggungjawab dan ketelitian, kami berusaha memastikan bahwa setiap warga yang memenuhi syarat dapat terdaftar dengan benar, sehingga hak pilih mereka terjamin “.

Pada kesempatan yang sama PKD Desa Sriwidadi menyampaiakan pentingnya kerjasama dalam membangun sinergitas antar lembaga penyelenggara pemilu maupun pengawas pemilu dan pentingnya menjaga netralitas penyelenggara pemilu di semua tingkatan serta menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang baik selama proses pencoklitan berlangsung. PKD Desa Sriwidadi juga berpesan untuk menyukseskan Pilkada serentak pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gebernur Kalimantan Tengan, Bupati Dan Wakil Bupati Kapuas Tahun 2024 mendatang.

Pada kesempatan Rapat Pleno Terbuka tersebut juga dilakukan sesi tanyan jawab terkait hasil rekapitulasi beserta kendala dan permasalahan yang terjadi selam proses pencoklitan. Pada kesempatan tersebut di manfaatkan bagi para peserta Rapat Pleno untuk menanyakan beberapa hal terkait syarat sebagai pemilih pemula atau pemilih potensial khususnya bagi remaja yang baru menginjak usia 17 tahun pada tahun 2024 ini. Disamping pemilih potensial para peserta rapat juga menanyakan tata cara atau mekanisme pindah melilih bagi masyarakat yang baru saja pindah dan berdomisili serta menetap di Desa Sriwidadi

Setelah semua pihak menyampaikan paparannya selanjutnya di lakukan penandatanganan Berita Acara Rapat Pleno Terbuka Rekalpitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran tersebut serta penyerahan Beria Acara Rekapitulasi tersebut kepada PKD Desa Sriwidadi . Penyerahan berita acara tesebut di lakukan oleh Ketua PPS Desa Sriwidadi dan diterima langsung oleg PKD Desa Sriwidadi, Berita Acara tersebut menjadi bukti resmi hasil coklit yang telah disahkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekalpitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran dan akan di bawa sebagai bahan Rapat Pleno Terbuka ditingkat PPK.

Dengan berakhirnya penyerahan Berita Acara, Rapat Pleno Terbuka Tingkat PPS Desa Sriwidadi dinyatakan selesai. Seluruh peserta rapat menyambut baik hasil rekapitulasi yang telah disampaikan dan berharap proses pemuktahiran data pemilih ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk pelaksanaan pilkada yang jujur, adil dan demokratis. Pada sesi penutup dilakukan photo bersama sebagai bukti dari pelaksanaan rapat pleno terbuka Rekalpitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran di tingakat PPS Desa Sriwidadi, benar telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Rapat Pleno terbuka ini mencerminkan komitmen PPS Desa Sriwidadi dalam memastikan pelaksanaan Pilkada pada tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan transparan. Melalui kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat Desa Sriwidadi berupaya untuk mewujudkan pemilihan yang berkualitas dan berintegritas.


Komentar

Sejarah Desa